Home » Uncategorized » islamic education » konsep manusia menurut islam

konsep manusia menurut islam

bagi mahasiswa pertanian yang mengikuti mata kuliah PAI yang saya ajar silahkan down load materi ini dan komentar atas materi tersebut.

1. konsep manusia Konsep manusia dalam Islam

2. teori evolusi darwin menurut Islam Presentation1

3. video proses penciptaan manusia YouTube – Proses Kejjadian Manusia

islamic education

22 Comments to “konsep manusia menurut islam”

  1. mega apriliyanti

    assalamualaikum ,bu saya ingin ibu jelaskan tentang evolusi biologis yang ada pada konsep manusia dalam islam dan penjelasan tentang mahluk sebelum adam.
    terima kasih….

  2. assalamualaikum…
    saya sudah baca materi “Konsep Manusia dalam Islam”
    pada slide terakhir yang tentang potensi manusia, ada 2 : positif dan negatif. salah satu potensi manusia yang negatif adalah Banyak masalah yang tidak dapat dijangkau oleh manusia. Menurut saya,semua masalah manusia itu dapat terselesaikan,tanpa terkecuali. karena Allah tidak mungkin memberi cobaan yang melebihi kemampuam makhluknya.

    • ingat…indra kita itu terbatas..banyak hal yang tdk dpt jangkau oleh indra kita…contohnya perkembangan ilmu pengetahuan saat ini, trnyata bnyak rahasia alam yg blm trpecahkan oleh manusia.mksh

  3. Muhammad Alfan K.R

    Nama : Muhammad Alfan K.R
    NIM : 105040200111139
    Kelas : U

    Assalamualaikum Bu… Saya mau tanya, manusia diciptakan didunia ini utamanya adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Saya pernah mendengar apabila kita dekat dengan Allah SWT artinya kita menjalankan semua perintahnya dengan baik seperti shalat, puasa, zakat, shalat malam dll. Maka kita akan diberikan kemudahan dalam hidup kita dan diberi rizki yang cukup. Disini yang mau saya tanyakan kenapa orang yang beragama selain agama islam terkadang kehidupannya lebih baik dibandingkan dengan orang islam yang selalu menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya. Gimanakah kaitannya dengan ayat-ayat di Al-qur’an yang menjelaskan apabila kita dekat dengan Allah maka semua masalah dan keinginan kita akan terselesaikan dan terpenuhi tapi mengapa orang selain islam terkadang mereka lebih baik kehidupannya dibandingkan dengan orang islam?

    • yang perlu diingat….rizki itu tidak hanya berupa uang. rizki bs berupa klrga yang sakinah, sehat, anak sholeh, dll. misalnya, ada orang berpenghasilan 10jt/bln..tp dia sakit stroke yang bth biaya 15jt/bln untuk biaya rawat, obat, terapi…jd penghasilannya 10 jt bs aja kurang. itulah mahalnya sehat pingin bisa bergerak aja dia bth jutaan rupiah..sedangkan orng yg sehat tp penghasilannya pas2an kenapa masih mengeluh saja…(sdh sholat tp kok g kaya2???emangnya ibadah kita, sholat,puasa,zakat, itu untuk mencari kekayaan..)bknnya sehat yang dia miliki nilai lebih dr jutaan rupiah dibanding orang yg berpenghasilan jutaan tp tidak sehat. kenapa orng non Islam bisa kaya2..karena memang mereka berusaha, umat islam klo mau berusaha juga bisa sprt mereka..ingat Allah punya “Rahman” yang menyayangi seluruh umat manusia, non Islam sekalipun..dan punya “Rahim” yang khusus untuk Umat Islam..jd bersyukurlah atas apa yang sdh diberikan kpd kita..

  4. Alnguda Firokhman (105040200111154/kelas U)

    Assalamualaikum Wr. Wb
    1.Pada potensi manusia telah di jelaskan bahwa memiliki potensi positif dan negative Bu, yang saya tanyakan maksut dari masalah yang tidak dapat di jangkau dengan manusia itu seperti bagaimana ? ? dan apakah kita sebagai manusia tidak ada solusi untuk merubah potensi negative tersebut menjadi positif ? ?
    2.Pertanyaan saya yang terakhir Bu, dalam hukum islam kan membunuh manusia itu dosa karena itu ciptaan Allah yang Maha Kuasa yang membutuhkan proses kelahiran sangat lama tetapi bagaimana jika dalam sesosok Ibu yang mengandung seorang bayi dihadapkan dalam dua pilihan, ketika kata dokter memilih ibu itu hidup atau anaknya yang hidup dan tidak bisa keduanya hidup jadi salah satunya harus di korbankan apalagi misalkan mengorbankan bayi tersebut yang masih keadaan suci. Apa hukumnya di islam yang seperti itu Bu ? ? dan solusi terbaiknya bagaimana ?

    • 1. masalah yng tidak dpt dijangkau contohnya: bentuk Tuhan, sebagaimana yang sdh sy paparkan di kls.
      2. potensi negatif tidak bisa dihilangkan karena itu sdh fitrah, tp bisa dikendalikan…misalnya, keinginan/nafsu jelek bisa dikendalikan dg potensi positifnya (hati nurani atau agama atau akal)..
      3. mengenai aborsi, tentunya dokter sebelumnya menjelaskan bagaimna resiko dr keduanya..klo keduanya sama2 mengandung resiko, maka dipilih yg resiko paling ringan…tentunya dengan pertimbangan medis juga…

  5. Rahadyan Rizki Indrawan

    assalamualaikum ,bu saya ingin bertanya untuk materi yang teori evolusi darwin menurut islam, disitu disebutkan bahwa para evolusionis merekayasa skenario evolusi manusia dan pemalsuan yang disengaja, apa tujuan utama mereka melakukan hal seperti itu bu? atas dasar apa mereka melakukannya? terima kasih.. ^-^

    • itu hnya mnrut anggapan sebagian ilmuwan aja…karena brdasarkan penemuan trbaru, sbnrnya mereka hidup sezaman tp ditemukan di tempt yg berbeda..motifnya mngkn
      atheis..

  6. fernia nirmayanti

    asalammualaikum bu,saya ingin menanggapi tentang teori darwin dan asal usul manusia. menurut saya pada hakikatnya manusia diciptakan dari sari pati tanah dengan nenek moyangnya adam dan hawa yang lahir berkat tulang rusuk adam. jadi saya tidak percaya dengan teori evolusi darwin yang menjelaskan tentang evolusi manusia dari kera. mungkin ada benarnya juga teori tersebut namun agaknya terlaru berlebihan jika manusia dari kera karena fosil yang ditemukan belum tentu fosil yang sama dan dari tempat yang sama pula. jadi alangkah bijaksana jika kita kembali ke alquran dan hadist. sekian tanggapan dari saya,terima kasih :)

    • trm ksh…persiapkan UASnya ya..

      • Eva Setianingsih / NIM 105040200111037 / Kls U

        Assalamualaikum bu, saya ingin bertanya mengenai konsep manusia dalam islam khususnya pada slide 6 (tugas manusia):
        1. Ciptaan Allah dalam bentuk dan keadaan sebaik-baiknya ini yang dimaksud disini dalam bentuk fisik atau akal?
        2. Melaksanakan tugas kekhalifahan: Membangun dan mengolah dunia ini sesuai dengan kehendak Ilahi.
        Jika sesuai dengan kehendak Ilahi kenapa masih ada orang yang bertindak di jalan yang dilarang Allah, bukan kah mereka ditakdirkan untuk menyembah Allah? atau memang tertakdir sebagai manusia yang melawan ajaran Allah?

      • wass…
        1. smprna dlm hal pnciptaannya, karena hanya manusia yang mempunyai akal dan nafsu.malaikat hanya punya akal dan tidak punya nafsu, sedangkan hewan hanya mempunyai nafsu tetapi tidak mempunyai akal.
        2. kita diciptakan oleh Allah dengan 2 potensi, yaitu baik dan buruk,sprti dalam firman Allah “fa alhamaha fujuraha wa takwaha”. ayat trsbt mmbrikan pengertian bhw dlm diri manusia ada 2 potensi, trgntng manusia mau menggunakan potensi mana..jika potensi buruknya dpt dikendalikan oleh potensi baiknya maka dia akan jadi orang baik..begitu juga dg sblknya.nah tgs sbg khalifah dan hamba Allah itupun juga trgntng manusia sndr mau menggunakan potensinya yang mana. mmng semua sdh ditentukan oleh Allah, tp menurut Ahlus Sunah wal jama’ah manusia mmpnyai “kasb” atau usaha yang mmpngaruhi ketentuan Allah trsbt, kecuali taqir mubram yang sudah tidak bisa dirubah..sedangkan taqdir muallaq masih bisa diusahakan oleh manusia melalui “kasb” td.

  7. RIFAULDIN SYAHRI

    Assalamualaikum Wr. Wb
    saya kemarin melihat siaran televisi yang acaranya tentang pengungkapan teori darwin.Disitu banyak para ilmuan ahli biologi yang mengungkap tentang penemuan darwin dan mereka meneliti temuan darwin,bahwa temuan darwin itu banyak kesalahan dan penyelewengan,mereka dapat membuktikan kesalahan tersebut.jadi sekarang saya berpendapat bahwa darwin itu cuma merekayasa saja,mungkin juga dia mempunyai tujuan lain misalnya dengan teorinya dapat mempengaruhi keimanan umat islam,karena darwin sendiri bukan berasal dari umat islam…

  8. Muhamad Kindi (105040200111063)

    Assalamualaikum Ibu.
    Dari materi yang telah ibu upload tempo hari serta dengan vidoe proses kejadian manusia, cukup membuat saya menjadi teringat masa kecil bu, yang tiba-tiba saja sekarang saya sudah duduk di bangku kuliah sebagai mahasiswa. Perjalanan yang cukup panjang namun terasa bengitu singkat. Dari mulai perjalanan sperma menuju sel ovum, sampai pada tulang-tulang yang di gumpal dengan daging, kemudian lahir menjadi bayi dan tumbuh dewasa hingga menjadi seperti sekarang ini. Proses perjuangan yang panjang itu, jangan di sia-siakan , harus menjadi manusia yang bermanfaat baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain, dan menjalankan tugas pokok manusia sebagai khalifah di bumi dan hamba Allah SWT.

    Kemudian tentang asal-usul manusia bu. Ada beberapa pertanyaan yg muncul setelah membaca materi dari ibu.
    1. Ada atau tidak bu makhluk sebelum Adam di Bumi ini sebenarnya? Apakah jin termasuk bu?
    2. Salah satu tugas manusia adalah sebagai khalifah. Sedangkan manusia banyak yang berbuat kerusakan di bumi ini, bertentangan sekali dengan pengertian khalifah itu sendiri. Lalu dari sisi mana khalifah nya bu ? Apakah kelompok orang-orang seperti ini memang tidak bisa menjalankan tugas nya sebagai khalifah?

    • 1. kalau menurut bbrapa kitab tafsir sprti tafsir ibnu kathir, itu menjelaskan bahwa sblm nabi adam atau manusia diciptakan di bumi, sudah ada makhluk yang menghuni sebelumnya, makhluk dari golongan jin. akan tetapi mereka membuat kerusakan di bumi, sehingga dimusnahkan oleh Allah.
      2. seharusnya manusia itu memang melaksanakan tugasnya sebagai khalifah di bumi. akan tetapi tidak semua manusia mau menjalankan tugasnya itu sehingga banyak kerusakan yang terjadi di muka bumi ini juga karena ulah manusia sprti dlm ayat “dhoharal fasad fil barri wal bahri bima kasabat aidin nas”.

  9. Nama: Jaka Permana
    Kelas : U
    NIM: 105040200111175

    Assalamu’alaykum wr wb.

    Maaf ibu, saya terlambat untuk mengomentari materi yang ibu berikan, Yang ingin saya tanyakan adalah:

    1. Apakah proses penciptaan manusia pada seseorang yang memiliki kemampuan mata batin, seperti bisa melihat hal-hal yang tidak tampak oleh manusia SAMA dengan orang yang penciptaanya normal?. Istilahya turunan dari orangtuanya?.

    2. Apakah wujud kita sama dengan wujud para sahabat Nabi bu?. Soalnya saya pernah dengar bahwa Jaman dahulu Sahabat Nabi itu Tinggi-tinggi badannya. Apakah itu benar?. Jikalau benar, apa yang membuat kami berbeda dengan negara-negara lain?. Apakah karna Dominasi Gen dari suatu negara, sehingga turunan dari nenek moyang kami orang-orangnya sama semua ukurannya. Contoh Indonesia berbeda dengan orang afrika selatan. (*diliat saat pergi haji)

    Mungkin itu saja ibu. Jazakillahu khairan.. ^^

    • wass…
      1. proses pencptaan manusia smuanya sama, tetapi mungkin dia punya kelebihan dalam bidang trtentu, seperti yang disebutkan tadi.itu bisa karena faktor gen atau lingkungan
      2. secara umum sama, artinya masalah kemanusiaannya..tetapi secara fisik memang ukurannya berbeda. itu karena faktor gen juga..seperti warna kulit,dst..

  10. Nilam Pranita Ayuning Putri

    nama : nilam pranita ayuning putri
    kelas :F
    nim : 105040201111058

    assalamualaikum,,
    setelah saya membaca konsep manusia menurut islam ada beberapa hal yang kurang saya setujui. dalam hakikat manusia disebutkan bahwa manusia adalah makhluk yang bertanggung jawab namun yang saya temukan banyak manusia yang tidak dapat bertanggung jawab atas dirinya dan orang lain serta kesalahan yang mereka buat. buktinya saja banyak manusia yang tidak mengakui kesalahan yang dia perbuatan apa itu yang dinamakan tanggung jawab?
    kemudian dalam evolusi biologis diungkapkan manusia berjuang untuk hidupnya sendiri dan menindas bangsa lain padahal saya tau bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri dan selalu bergantung dengan orang lain jadi bagaimana evolusi biologis itu jika saling menindas?
    kemudian dalam tugas manusia disebutkan bahwa Membangun dan mengolah dunia ini sesuai dengan kehendak Ilahi namun pada perkembangan zaman banyak manusia yang malah merusaknya. bagaimana cara kita menanggulangi hal itu dan mencegahnya bu?

    • 1. yang perlu diperhatikan bahwa dalam diri manusia ada 2 potensi baik dan potensi buruk, seperti disebutkan dalam ayat al-Quran “fa alhamaha fujuraha wa taqwaha”..apabila manusia mau menggunakan potensi baiknya maka sifat2 kebaikannya yang akan muncul, salah satunya ya tanggung jawab tadi. maka sebaliknya, kalo potensi jeleknya yang lebih dominan maka jadinya ya g bertanggung jawab.
      2. makanya para ilmuwan modern banyak yang tidak setuju dengan evolusi biologis tersebut. kalo merujuk pada al-Quran maka ada 3 konsep yang ada pada diri manusia:
      a. manusia yang diartikan sebagai basyar, yaitu manusia apa adanya
      b. manusia yang diartikan sebagai insan, yaitu manusia yang punya potensi atau kecenderungan menjadi yang lebih baik atau sempurna.
      c. manusia diartikan sebagai nas, manusia yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang laian atau makhluk sosial.
      3. cara penanggulangannya dimulai dari yang terkecil, yaitu diri kita sendiri, bagaimana kita memperlakukan lingkungan sekitar. dari yang terkecil itulah nanti permasalahan yang besar juga akan terselesaikan, paling tidak ketika para perusak itu sudah digantikan oleh generasi kita yang sudah terbiasa dengan prilaku yang menjaga lingkungan

Leave a Reply

(required)

(required)


*